Batita juga manusia


Hari Sabtu, jadwal mencuci… Semuanya sibuk. Si Ummi masak buat makan siang karena jadwal ngajarnya pagi, si Abi buru-buru sarapan karena jadwalnya pagi juga dan tempat ngajarnya nun jauh di sana, si Mamah lumayan nyantai walaupun mau ikutan senam pagi jam 7 di lapangan deket rumah. Cuma si Aa dan si Ade aja yang bebas tugas. Aa (hampir 6 tahun) hanya sekolah Senin-Jumat, Ade (18 bulan) memang masih masanya senang-senang.

Bi Santi [yeah, that’s me] masih leyeh-leyeh di kasur gara-gara malemnya terlalu semangat mencari teman lama di FB [dengan hasil yang cukup memuaskan] sampai pukul 11 malam. Tapi begitu sadar bahwa pagi itu ga bisa leyeh-leyeh, langsung deh bangun dan terjaga [walaupun masih sangat merindukan bantal dan balutan selimut]. Cucian harus segera diselesaikan karena pasti kebagian jagain si Ade walaupun hanya 1,5 jam selama si Mamah senam.

Masih males dan pengen tiduran, baru mulai nyuci setengah 8an. Banyak iklan, harus ngawasi si Aa yang lagi makan, ngawasi si Ade yang gangguin si Aa. Sepertinya Ade pengen makan juga, jadi we saya nyuapin Ade dulu. Ternyata salah jurus, Ade mogok makan di suapan kelima. Ponselku berbunyi…

“Bi Santi…mau ikut Kaka ga ke…Bumi Parahiyangan?”

Maksudnya Kota Baru Parahiyangan yang ada museum sainsnya. Pengen ikut sebenernya, tapi cucian belum beres, pengen tidur juga. Sebel ah kalo ngajak jalan ngedadak gitu. Si Aa pasti pengen ikut, tapi belum tau nih si Mamah mau ikut apa ngga karena belum balik dari senam pagi. Kalo saya ga ikut, pasti Mamah ga mau bawa Ade. Ade emangnya rela ditinggalin?

Mamah pulang, saya kasitau soal ajakan Kaka. Dugaan saya ga meleset, Mamah pengen ikut tapi ga mau bawa Ade karena saya ga ikut juga. Aa kegirangan,

“Ade sama Bi Santi aja yaaa?”

“Ga mauuuuuu…!”

Saya masih nyuci, dua kurcaci udah riweuh dimandiin. Mamah ngibul-ngibul dikit demi bikin si Ade diem waktu dipakein baju,

“Uwa Ipaaan, Ade mau ikut Waaa…”

Padahal rencananya si Ade mau dibius aja pake susu biar tidur sebelum si Uwa dateng sama Kaka dan Dede. Kami bertiga udah kaya penjahat licik aja, cengar-cengir waktu liat si Ade mulai ambil posisi tidur dengan botol susu dan si Apuh.

“Asiiiik, Ade bobo…”

Saya masih ngejemur cucian waktu si Uwa dateng, ternyata rencana pembiusan gagal. Kayanya Ade mulai ngerti siasat kami bertiga. Matanya udah 5 Watt tapi susah bener disuruh tidur. Takut keburu siang, Uwa, Kaka, Dede, Aa, langsung naik mobil. Ade pengen ikut, Mamah masih usaha nipu,

“Ade pake sepatu dulu, mana sepatunya?”

Ade cuek, mau naek mobil. Semua buru-buru tutup pintu, mobil keluar pager. Si Ade masih sempet bergaya tukang parkir karena dikiranya Mamah ga ikut atau paling sedikit dia masih punya harapan untuk naek mobil bareng Mamah. Begitu Mamah nutup pager dari luar, Ade langsung ngejar, tapi terlambat sodara-sodara…glek!

“Aaaaaaaaaaaaa……!”

Mungkin maksudnya “Ikuuuuuuuut!” Giliran Bi Santi bagian penertiban.

“Ade tunggu Ummi pulang aja ya, bobo dulu”

“Aaaaaaaaaaaaaa…!”

Begitu nemu botol susu dan si Apuh di ruang tengah, senyap deh! Sambil nunggu si Ade benar-benar terlelap, nyuci beras dulu. Pas balik ke ruang tengah, si Ade lagi baca koran doooong. Ya, dia duduk dengan mata tertuju dengan serius ke lembaran koran yang terbuka di depannya. Aaaarggh, susah banget nyuruh anak ini tidur!

“Ade lagi baca koran?”

“Ngh…?”

“Mau bobo ga?”

“Uh…uh!”

“Mau bobo di mana?”

“Uh…uh!”

“Sok atuh ambil susu sama apuhnya”

Lokasi berpindah ke kamar Mamah, Ade langsung rebahan di kasur Mamah, nungging-nungging ga jelas. Gulatak-gulitik, turun lagi, berdiri di sebelah kasur. Guess what, dia ngeliat jilbab Mamah di pinggir kasur dan wajahnya langsung berubah sedih berattt, kaya mau nangis gitu. Mukanya udah kaya sad emoticon aja, siap-siap mau nangis…5 detik…10 detik…makin keliatan pengen nangis sakit hati [asli deh saya kasian banget ngeliatnya]… Ade naik lagi ke kasur dan merebahkan diri, dan…

“Aaaaaaaa….!”

Tapi itu tidak berlangsung lama karena susu came for the rescue. Dengan bantuan si Apuh, akhirnya Ade pun tertidur dalam posisi nungging seperti biasa. Pfiuuuuhhh! 10:30 WIB, dan saya masih ada satu ember cucian lagi yang belum dijemur. Cuciaaaaaan deh guwe!

Jemuran, sukses!

Pembiusan, sukses!

Masak nasi, sukses!

Mandi, sukses!

Tidur…?

Gagal, karena ngeblog lebih menyenangkan daripada tidur saat ini, hehehe…. Kesimpulan saya hari ini:

  • Jangan meremehkan perasaan anak kecil walaupun dia baru berusia 1 tahun.
  • Jangan suka ngeboongin anak kecil kalo emang ga mau ngajak jalan, karena mungkin itu dapat membekaskan luka di hatinya. Will you ever hurt the heart of this cute little guy?
Yeah, don't you dare give me a heartache

Iyyyeeeaaahhh, aren't I cute?

  • Botol susu pleus si Apuh seringnya berhasil untuk meredakan tangis si Ade pada jam tidurnya.
  • Saya sudah bisa tidur dengan tenang setelah menulis blog ini.

Hehe…

Advertisements

3 thoughts on “Batita juga manusia

    • apuh adalah sebutan untuk benda kesayangan anak kecil yang biasanya suka dibawa-bawa ke mana-mana termasuk ketika akan tidur [kalo ga ada apuh, ga bisa tidur] dan saking sayangnya suka ga rela kalo dicuci/dibersihkan. apuh ini bisa berupa selimut, guling, boneka, atau apapun. kalo si ade sih apuhnya kain bedong berbahan flanel dan Alhamdulillaah rajin diganti dengan yang bersih, apuhnya cuma dibawa tidur dan beberapa saat setelah bangun tidur. mengerti? semoga saja…hehe…

      • ooo itu. tau kok. dulu punya adekku wujudnya boneka. ampe bau asem ga pernah dicuci. sekalinya dicuci, setelah adekku gede, kainnya mbrodol šŸ˜€ tapi akhirnya direlain tu boneka. dah rusak sih . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s