Menu ribet


Menu ribet hari ini

Menu tadi siang sebenarnya biasa aja, simpel, mengenyangkan, mahal [hihi…], tapi ribet. Namanya Steamboat, berisi potongan-potongan sawi dan pak coy, baso, cumi-cumi, udang, irisan daging ayam, irisan daging sapi, kuah, dan [mungkin ada] MSG. Ditambah dengan nasi karena saya orang Indonesia, hehe…

Pesanannya lumayan lama tiba di meja saya. Begitu dateng, si masnya bawa nampan yang penuh. Ada nasi di piring yang ukurannya menurut saya berlebihan [ngabisin tempat], steamboat yang disajikan di…apa sih itu namanya, panci? Apapun itu dilengkapi alas yang seyogianya dapat digunakan untuk meletakkan api [tapi cuma formalitas aja]. Lalu mangkuk kecil dengan sendok bebek [melamin, apa melanin sih istilahnya?], piring kecil melamin [it’s melamine indeed :p] dan centong sayur stainless steel di atasnya, dan terakhir adalah sepasang sendok-garpu plastik dibungkus kertas tisu makan. Begitu si masnya pergi, saya kebingungan menghadapi sebegitu banyak ornamen yang menyertai satu porsi steamboat,

Ini begimana cara makannya…?

Kata enok,

“Ini di kesituin, ini centong buat masukin ini ke situ, tapi nanti taro centongnya di situ” sambil tangannya bergerak aktif tunjuk sana-sini.

Dan sayapun tetep ga ngerti. Ribet banget sih… Dari panci diambil pake centong ke mangkuk kecil trus centongnya disimpen di piring kecil. Trus dari mangkuk disendok pake sendok bebek ke piring baru ke mulut? Atau langsung ke mulut tanpa lewat piring? Trus nyendok nasinya pake sendok plastik dengan bantuan garpu plastik?

Akhirnya, si centong saya cemplungin ke panci aja biar kuahnya ga terlalu panas, sendok bebek saya pindah ke piring kecil. Si steamboat sedikit-sedikit saya centongin dari panci ke mangkuk kecil, saya siram kuah ke nasi dengan sendok kecil, saya suap isi kuah dari mangkuk kecil ke mulut masih dengan sendok plastik, saya suap nasi yang udah disiram sedikit kuah ke mulut MASIH dengan sendok plastik. Segitu tuh masih ribet. Setelah nasinya habis, saya pindahkan semua isi kuah dari panci ke mangkuk kecil setelah saya menumpukkan piring kecil ke atas piring lebay.

Then it’s just me and a bowlful of steamboat…

Baru deh saya ga bingung lagi, hehehe…

Leave a Reply

