Semut atau rayap?


Setelah beberapa kali menemukan serangga semacam ini bergelimpangan di dekat radio-tape saya, saya agak penasaran apakan serangga yang saya temukan itu termasuk golongan semut atau rayap yang katanya suka menggerogoti kayu. Setelah melatih kemampuan fotografi saya dengan mengambil beberapa foto serangga tersebut, saya teringat kembali dengan tutorial membuat animasi GIF yang sudah lama tidak saya praktikkan. Animasi [mungkin lebih tepatnya tumpukan gambar-gambar yang ditayangkan bergantian] ini saya buat dari 10 gambar. Serangga pada gambar 1-8 masih hidup pada saat difoto, sedangkan serangga pada gambar 9-10 [berwarna lebih gelap] sudah mati dan kaku. Diklik aja gambarnya kalo masih keliatan statis 🙂

Setelah saya cari-cari di internet, tampaknya serangga di atas termasuk rayap. Di sini ditunjukkan beberapa perbedaan antara semut dengan rayap yang membuat saya menyimpulkan bahwa Bugsy adalah rayap. Perbedaan yang cukup mencolok berdasarkan tautan tadi antara lain…

  • Semut memiliki pinggang yang ramping, sedangkan rayap cenderung tidak memiliki pinggang
  • Antena rayap cenderung lurus, sedangkan antena semut memiliki bengkokan

Ah mengerikan sekali, bagian mana dari kamar saya yang menjadi ruang makan rayap-rayap itu?

There are some good things about taking pictures of small creatures:

  • I can see them in more details than seeing them by naked eyes.
  • I can finally figured out some tricks to adjust the camera [especially the flash] so I can take better pictures of small and close objects. A macro-focus alone wouldn’t always do.

How I love to do experiments with my camera… 😀

2 thoughts on “Semut atau rayap?

    • Canon PowerShot A720IS. Bikin gif pake Adobe Photoshop n ImageReady 7.0, nemu tutorial lupa dr mana di internet :p

Leave a Reply

