Me vs fashion polices


Dari dulu saya ga pernah peduli sama yang namanya fashion, apalagi yang lagi ngetren-ngetren gitu. Pake baju cuek-cuek aja, yang penting nyaman. Urusan matching atau ngga sih terakhir banget, malah sering diabaikan.

Jaman SMP, pas mulai ngetren baju-baju ‘adek’ alias baju-baju kekecilan, saya juga ga ikut-ikutan. Sampe ada yang nanya “Kamu ga berani ya pake baju ketat?”, saya jawabnya enteng aja “Apa enaknya sih pake baju kekecilan gitu?” Emang sih jaman SMP tuh baju adeknya belum seekstrim sekarang yang pas turun angkot tuh bikin punggung dan pantat berlomba-lomba melihat dunia, tapi ya tetep aja, menurut saya sih ga ada enaknya pake baju kayak gitu berkeliaran di jalan.

Kalo dipikir lagi, selera berpakaian saya memang parah banget kalo dibandingin sama yang seumuran, di masa manapun. Jaman kuliah…sama aja. Mulai konsisten pake jilbab, yang penting menutup aurat. Dulu masih pernah pake celana panjang yang ngepress kaki, tapi ga separah legging loh ya. Trus kerudung nu eta-eta keneh. Pake rok masih kadang-kadang, itu pun kalo udah kehabisan celana panjang. Lama-lama nyadar juga kalo pake baju dan celana gombrong itu sungguh menyenangkan sodara-sodara! Tapi tetep, buta fesyen.

Masuk dunia kerja mulai agak merhatiin cara berpakaian, ga mungkin kan gayanya masih kayak anak kuliahan. Mulai sering pake rok dan ternyata memang selama kerja saya ternyata ga pernah pake celana panjang pas jam kerja karena celana panjang yang saya punya selalu berbahan jeans. Lama-lama imej saya adalah selalu pakai rok, padahal kalo di luar kantor sih jarang banget pake rok.

Di sinilah mulai muncul para polisi fesyen…

“Kerudungnya ga mécing deh sama bajunya, warnanya kurang tua/muda”

“Baju batik tuh mending pake krudung polos yang warnanya senada”

“Pake kerudungnya jangan gitu dong”

daaaaan seterusnya, dan sebangsanya. Komentar-komentar di atas tidak selalu ditujukan kepada saya sih, pokoknya pernah aja denger lah.

Saya agak geram kalo ada yang ngomentarin pilihan/cara saya berpakaian. Saya memang orang yang males nyari kerudung yang cocok sama setiap baju saya, mentok-mentoknya pake kerudung putih lagi, krem lagi, atau hitam. Rok juga cuma punya warna hitam dan biru gelap. Sepatu cuma punya yang hitam aja yang cocok buat ke kantor. Kemarin saya ketemu salah satu fashion police di kantor, tiba-tiba kepikiran dialog aneh akibat kemalasan saya menyetrika demi menghilangkan lipatan-lipatan pada kerudung,

“Eh, ko kerudungnya ga rapi gitu sih? Banyak bekas lipatannya”

Trus saya jawab…

“Oh, emang…saya kan ga pernah nyetrika kerudung dulu sebelum dipake. Nyetrikanya sekali aja setelah dicuci. Kalo mau pake langsung aja yang dari lemari. Gerah kalo pake kerudung yang baru disetrika” [sehingga nanti dijawab lagi sama si fashion police…]

“Kan bisa nyetrikanya pas bangun tidur, jadi udah ga terlalu panas pas dipake” [lalu sayapun akan kembali menjawab…]

“Males ah, orang bangunnya juga suka kesiangan”

Atau saya akan menjawab…

“Sengaja kok lipatannya dibiarin, supaya ada yang ngomentarin. Kan kalo rapi-rapi aja nanti ga ada yang ngomentarin” [sambil tersenyum menang]

Hahahaha… Kenyataannya sih kalo ada yang ngomentarin kaya gitu, saya cuma senyum-senyum aja, atau jawab “iya” gitu biar cepet. Padahal jawaban iya kadang ga nyambung juga sama komentarnya :p

5 thoughts on “Me vs fashion polices

  1. kita bernasip sama heuheuehueue banyak yg suka protes klo krudung kliatan lipetannya tp biar aj biar gatel yg liat 😛

Leave a Reply

