Promosi yang saling bertentangan


Menurut saya, setiap orang dapat menjadi sumber inspirasi bagi siapapun tanpa dia sadari, bahkan bagi orang yang tidak dikenalnya sama sekali. Contohnya tulisan-tulisan saya di blog ini sebagian terinspirasi oleh orang-orang di sekitar saya yang tidak saya kenal ataupun mengenal saya. Rasanya akhir-akhir ini saya sudah terlalu produktif dalam mengisi blog, but well… masa bodoh ah, jangan pernah membiarkan ide-ide tulisan itu hanya menjadi sekedar ide saja šŸ˜€

Tadi siang setelah makan, saya berbelanja ke Griya Pasteur dan memutuskan untuk membeli satu tube tablet effervescent karena kesal dengan sariawan yang bertahan sejak entah kapan saya tidak ingat. Saya langsung menyebutkan satu merek yang sudah biasa saya beli ke pelayan di konter obat. Tanpa saya perhatikan sebelumnya ternyata si mbak adalah SPG produk tablet effervescent dengan merek lain dan langsung mempromosikan produknya. Katanya produknya itu aman bagi penderita maag dan tidak mengandung soda. Katanya lagi, soda dalam produk yang hendak saya beli [yang juga mengandung kalsium] itu mengakibatkan kalsium hanya akan bersisa di gelas, tidak ikut terminum dan diserap tubuh. Si mbak mulai membandingkan kandungan-kandungan yang terdapat dalam masing-masing produk.

“Nah, kandungannya sama kan? Tapi produk kami tidak mengandung soda dan aman bagi penderita maag”

Setelah saya tanya harganya, si mbak menjawab,

“Lebih mahal 500 rp karena produk yang [akan saya beli] ini sedang promo. Tapi produk kami berhadiah gelas”

Lalu saya melihat ke arah rak tempat obat-obatan itu dipajang. Di situ memang tertulis bahwa produk tersebut berhadiah gelas, namun untuk pembelian dua tube. Setelah saya tegaskan lagi mengenai itu, si mbak tetap tidak mau menyerah dengan menyebutkan bahwa saya akan mendapatkan hadiah gelas walaupun hanya membeli satu tube. Oke, akhirnya saya termakan promosi si mbak dan membeli produk yang jenisnya untuk memelihara daya tahan tubuh.

Saya langsung ke kasir yang posisinya bersebelahan dengan konter obat tersebut. Setelah kasir memanggil mbak SPG tadi untuk menukarkan nota dengan barang, si mbak SPGĀ datangĀ menghampiri sambil membawa satu tube tablet effervescent dengan hadiah satuĀ gelasĀ botol minuman suplemen kesehatan rasa apel yang mengandung SODA. Katanya “Gelasnya nggak ada, jadi diganti **** [merek minuman suplemen] aja ya.”

Oke, apa yang terjadi dengan segala argumennya mengenai minuman bersoda? Sepertinya sih dia tidak tahu bahwa minuman yang dijadikan hadiah tersebut mengandung soda. Baiklah…

4 thoughts on “Promosi yang saling bertentangan

  1. dan saya baru nyadar kalo yang saya bawa pulang itu untuk tulang dan gigi [jingga], bukan yg untuk daya tahan tubuh [kuning]. weleh weleh, mbaaaak…

    • udh dbyr pin, udh ilfil jg bwt batalin. eh pas dbaca lagi tuh suplemen tnyata mengandung soda jg, sy udh betul2 ketipu! msh ada sisa tuh blm diminum krn tiap minum itu rasanya ga enak di tenggorokan, entah sugesti ato apa :p

Leave a Reply

