Kenapa…?


Kenapa saya selalu pake rok kalo ngantor?

Jadi gini loh ceritanya… Waktu baru pertama masuk kerja, koleksi celana panjang saya semuanya berbahan jeans atau at least terlihat seperti jeans yang udah tau sendiri dong, kurang sopan kalo dipake kerja kantoran. Jaman kuliah sih saya justru jarang banget pake rok karena saya pikir pake rok itu ribet dan gak praktis. Emang ‘ribet’ tuh beda ya ma ‘gak praktis’? :p Ya gitu lah pokoknya, hampir setiap hari saya ke mana-mana pake celana panjang yang bahannya gaya mahasiswa banget, nyantei-nyantei cuek getoh! Zaman kuliah dan pengangguran, saya cuma punya tiga rok: abu-abu [tapi bukan rok SMA ya], coklat, dan biru donker [bukan rok SMP juga karena rok SMP saya selutut]. Saya pake rok kalo mau ketemu dosen pembimbing atau pas mau seminar/sidang tugas akhir. Kadang pake juga kalo udah bosen pake celana panjang, which is jarang banget. Pernah saya pake rok waktu ujian lisan kuliah LabAs karena katanya dosennya suka mahasiswi yang feminin, hihiy! Nah, karena koleksi celana panjang saya yang nggak banget itu jadinya pas masuk kerja saya terpaksa pake rok, di-rolling aja tuh tiga rok walaupun seringnya gak matching ma baju atasan atau jilbabnya. Oh ya, baru inget, jilbab saya dulu warnanya putih semua, paling banter warna krem lah. Payah betul lah koleksi pakaian saya. Saya mulai nambah koleksi rok dengan rok hitam waktu mau Diklat Prajabatan, itu juga terpaksa karena katanya harus pake bawahan hitam dan dengar-dengar sih perempuan gak boleh pake celana panjang.

FYI, saya jarang banget nambahin koleksi celana panjang atau rok karena susah banget nemuin celana panjang/rok yang bener-bener pas, entah itu ukuran, warna, atau modelnya. Paling sering sih karena produk yang ada di pasaran tuh sempit-sempit. Rok paling banyak dibikinin ma kakak saya, kalo beli tuh seringnya agak ngatung dan sempit yang akhirnya cuma jadi penunggu lemari.

Karena hampir setiap hari saya ngantor pake rok, orang-orang di kantor mengenal saya sebagai pengguna setia rok. Bahkan pernah ada bapak-bapak yang pernah ngomongin saya, katanya

“Santi gak pernah pake celana ya?”

err…padahal kan kalo saya keluar rumah pas libur kerja ya pake celana panjang. Trus, pas acara mancing bareng temen-temen kantor saya pake celana panjang, gak terlalu banyak yang ngeuh. Ya iyalah, mereka pasti lebih fokus dengan pancingan dan makan-makannya daripada merhatiin baju saya :p

Tibalah pada suatu titik ketika rok-rok yang saya punya rasanya sudah tidak cocok dengan baju manapun dan rok hitam yang selalu jadi andalan untuk padanan atasan manapun… rusak resletingnya! Terpaksalah tampil dengan celana panjang ke kantor… dan orang-orang pun takjub luar biasa dengan perubahan saya.

“Tumben San pake celana panjang?”

Menurut saya sih biasa aja, tapi dengan pertanyaan-pertanyaan orang-orang koq lama-lama jadi risih, serasa udah bikin dosa besar. Besok-besoknya saya paksain pake rok lagi walaupun mismatch, tapi kadang saya sengajain pake celana panjang ke acara kondangan orang kantor. Eh, malah disangka orang lain.

“Teh Santi?? Kirain Ayu”

Ooooke… whatever, ditambah lagi waktu itu saya mulai berani pake jilbab warna-warni. Soalnya sih ada jilbab murah yang pakenya gak susah, hoho…I love jilbab paris walaupun kainnya tipis. Gara-gara pake jilbab warna-warni juga orang-orang di kantor pada komentar, tapi ya masa bodoh, selama itu bukan komentar jelek. Risih-risih dikit sih ya biasa, lama-lama juga mereka terbiasa melihat saya yang tidak selalu berjilbab putih cuma ya soal rok ini sepertinya agak susah karena saya kadang risih sendiri kalau pake celana panjang ke kantor :p

What’s the moral of the story? Ga ada sih, cuma pengen semacam klarifikasi aja kalo saya gak pernah bermaksud membangun image sebagai roker alias pengguna setia rok ataupun sebaliknya. I am just me, saya masih suka juga pake celana panjang dan saya baru kesampean pake jilbab warna-warni setelah mengenal jilbab paris, hahah… Comfort is very important, you know. Lanjut? [Silahkan klik halaman selanjutnya]

3 thoughts on “Kenapa…?

  1. kalo di jepang sih :

    1.ga akan ada yang nanya “pake celana” atau ngga … πŸ˜€ .. gw pernah liat cowok..pake kemeja putih …dasi item…celan jins warna merah .. parah ga sih?
    2.disini banyak yang sombong dengan aurat nya!
    3.kalo belanja, gak otomatis dikasi plastik…mesti minta en bayar 5 yen :p

    *gile san, abis nikah … 1 minggu 2-3 tulisan…! benar2 peneliti muda! πŸ˜€ … kabid mu pasti bangga :D…

    …(hehe bcanda)

    • iya kalo di sini griya tuh baik banget ngasih plastik…beli makanan dingin diplastikin lg, beli roti diplastikin lg, beli telor diplastikin lg, beli sabun/shampoo diplastikin lg. yg lbh asik lg klo carrefour, ukuran plastiknya standar…berapa banyakpun belanjaannya, ukuran plastiknya tetep sama. jd klo belanjaannya banyak, plastiknya jg bnyk. udh ky beli abu gosok aja jdnya, diplastikin kecil2.

      ah dirimu ga tau aja segimana produktifnya eik waktu pertama kali punya blog di fs. klo wiken tuh bs sampe 3 tulisan, bikinnya pk etop pinjeman dr kantor, haha..

  2. Pingback: Curiosity doesn’t always kill the cat « Ngacapruk II

Leave a Reply

