[Review] Kupat tahu


Tadi pagi saya sarapan kupat tahu dan tiba-tiba terpikir untuk membandingkannya dengan yang dulu sering saya makan di kampung halaman.

Kupat tahu yang biasa saya makan di Karawang,

  1. Ketupatnya masih berbentuk ketupat dan biasanya dalam satu porsi hanya berisi satu ketupat ukuran sedang. Jika ingin porsi yang lebih besar ya minta tambahan ketupat.
  2. Tahunya berwarna putih dan berukuran lebih besar.
  3. Bumbu kacangnya lebih encer [dan akhir-akhir ini rasanya asyin! :p].
  4. Tidak menggunakan tambahan toge.
  5. Ditaburi bawang goreng.
  6. Bisa memesan tahu bumbu saja tanpa kupat jika ingin menikmati dengan nasi [khusus dibungkus].

Kupat tahu yang biasa saya makan di Bandung,

  1. Bentuk ketupatnya kadang sudah bukan ketupat lagi, melainkan lontong jumbo. Takarannya pun cukup banyak, mungkin lebih dari satu ketupat … atau satu ketupat besar untuk satu porsinya.
  2. Tahunya berwarna kuning dan berukuran relatif kecil. Dalam satu porsi hanya ada satu tahu.
  3. Bumbu kacangnya lebih kental.
  4. Ada tambahan toge [yang saya gak suka].
  5. Tidak ada taburan bawang goreng.
  6. Belum pernah mencoba pesan bungkus tahu bumbu tanpa ketupat, gak kebayang sih sedikitnya kayak apa :p

Kalau tidak salah, judulnya kupat tahu Singaparna. Kupat tahu versi Bandung ini mungkin lebih mirip dengan ketoprak yang biasa saya makan zaman SMU dulu, dengan tambahan bihun. Ada lagi kupat tahu petis yang beda di bumbunya saja [ada tambahan bumbu petis dan bawang putih, bumbunya diulek dadakan]. Selain perbedaan di atas, ada juga persamaannya, yaitu sama-sama menggunakan kecap dan kerupuk. Mau ditambah sambal juga boleh, tapi saya tidak tahu sambalnya sama/beda karena saya memang tidak pernah memesan tambahan sambal.

Oya, ada satu lagi yang saya perhatikan ketika sarapan kupat tahu tadi pagi: kertas pembungkus makanan [itu loh yang warna coklat dengan lapisan plastik di bagian dalamnya] zaman sekarang sepertinya semakin buruk saja ya kualitasnya, gampang bocor/rembes dan sobek.

Pengennya pake foto tapi males banget ah :p

Leave a Reply

