Piano is keren!


Saya kurang ingat kapan pertama kali saya memutuskan untuk menyukai piano karena yang saya ingat ketika jaman dahulu kala ketika saluran televisi yang ada masih TVRI saja, saya sangat membenci televisi ketika TVRI menayangkan acara musik instrumental. Waktu itu saya pikir “Musik apaan nih, nggak ada yang nyanyi? Bosenin banget!” Memang sih waktu itu instrumennya tidak hanya piano (=keyboard?), tapi lengkap juga dengan gitar dan drum, atau kadang ada alat musik tiupnya. Mungkin persepsi saya mengenai musik saat itu adalah musik dan vokal, instrumentalia sangat tidak masuk di akal saya. Nyatanya, dulu di rumah saya pernah ada organ yang bisa bersuara seperti piano (dan saya sangat membencinya kala itu karena suaranya tidak bisa panjang). Kalau diingat lagi sekarang, rasanya menyesal sekali dulu itu saya tidak belajar piano padahal ada organ nganggur di rumah.

Eniweiz, dengan berkembangnya teknologi informasi sejak tahun 2000-an, semakin mudah saja mendapatkan informasi mengenai apa saja yang sedang marak berkembang di dunia ini. Ciyeeeeh, apaan sih Neng? Yah, berkat tayangan MTV, saya diberi kesempatan untuk menyaksikan musik versi unplugged. Pianonya bener-bener piano, bukan sekedar keyboard yang dulu lebih identik dengan organ tunggal alias dangdutan di acara hajatan, hehe … Ternyata suara piano itu keren juga. Pernah suatu waktu saya ikut kakak menghadiri acara resepsi pernikahan temannya. Di situ ada piano asli dan kebetulan sedang ada seorang tamu yang bernyanyi sambil bermain piano, keren banget!

Saya langsung jatuh cinta kepada Tina Arena setelah dia tampil di MTV unplugged sambil bermain piano. Udah suaranya bagus, pinter main piano pula. Saya sudah sering melihat video klip Elton John yang selalu bernyanyi sambil bermain piano, tapi untungnya tidak sampai jatuh cinta karena versi video klip mah rasanya biasa aja. Saya pikir saya bisa jatuh cinta juga kalau mendengarkan musik klasik yang instrumen utamanya adalah piano. Ternyata tidak, sodharra! Haha … musik klasik tuh lambreta benjet dah, malah bikin ngantuk. Atau saya salah pilih lagu ya? Karena ternyata Jay Chou yang sempat bikin saya terpukau sejak menonton aksi pianonya di film Secret banyak dipengaruhi oleh salah satu musisi klasik, Chopin. Musik Chopin (yang pernah saya dengarkan) ternyata lebih ceria dan tidak terlalu membosankan.

Beberapa hari yang lalu saya sempat kesambet jurig iseng, browsing video piano cover di Youtube. Sayapun terkagum-kagum melihat video ini …

Agak merinding dengerinnya. Ternyata ThePianoGuys itu serius banget bikin videonya, kirain just another Youtube artist. Akhirnya saya buka deh channel Youtube-nya dan menemukan video-videonya yang keren-keren. Yang bikin saya sangat tercengang adalah video ini …

Nggak percaya kalau musik seramai itu bisa dihasilkan dari satu alat musik! Saya sampe muter video itu berulang-ulang demi melihat kecanggihan mereka berlima.

Oya, ada satu lagi video yang jadi favorit saya dari mereka …

Awalnya saya tidak tahu versi asli dari lagu ini. Setelah saya cari tahu ternyata saya lebih menyukai versi ThePianoGuys 🙂 Selain itu ada juga lagu Mission Impossible (lihat sendiri di channel Youtube-nya saja ya) yang menampilkan violis perempuan, videonya lucu. Dan tiba-tiba saya berpikir bahwa pemain cello di situ (Steven Sharp Nelson) mirip dengan tokoh Mr. Bean, hahaha …

Sayang sekali saya hanya bisa menonton, nggak bisa mainnya bo! Huhuhu …

Leave a Reply

