Peneliti yang malas meneliti


Manusia macam apa saya ini? Lima tahun sama sekali nggak nulis makalah penelitian. Tadi waktu bikin tulisan untuk Buletin Cuaca Antariksa, konsentrasi saya teralihkan ke kegemaran saya memotong-motong gambar, melabeli, dan menggabung-gabungkannya. Saya selalu terkagum-kagum melihat aktivitas matahari yang menjilat-jilat ke angkasa.

Peristiwa filamen (panah kuning) dan flare Hyder berdurasi panjang (panah hitam) yang disertai oleh CME. Bagian atas adalah pengamatan korona matahari (panjang gelombang 171 Angstrom, bagian bawah adalah pengamatan kromosfer (panjang gelombang 304 Angstrom).

Peristiwa erupsi filamen (panah kuning) dan flare Hyder berdurasi panjang (panah hitam) yang disertai oleh CME. Bagian atas adalah pengamatan korona matahari (panjang gelombang 171 Angstrom), bagian bawah adalah pengamatan kromosfer (panjang gelombang 304 Angstrom).

Pada umumnya flare terjadi di atas daerah aktif atau grup bintik matahari. Flare Hyder atau flare tunabintik adalah flare yang terjadi bukan di atas daerah aktif atau grup bintik matahari. LDE (long duration event) adalah peristiwa flare yang berlangsung lebih dari satu jam [saya lupa referensinya di mana dan mengapa diambil satu jam untuk mengategorikannya sebagai LDE]. Saya juga pernah diberitahu bahwa flare LDE biasanya disertai oleh lontaran massa korona (CME), referensi yang itu juga belum pernah saya cari, hehe … Adududuh, parah banget sih peneliti yang satu ini 😦

Di tulisan buletin itu juga saya menyinggung daerah aktif NOAA 12192 yang katanya adalah grup bintik terbesar dalam 3 siklus matahari terakhir. Grup bintik ini ternyata awet, muncul lagi di piringan matahari pada rotasi selanjutnya tanggal 13 November 2014. NOAA 12192 pun berganti nomor menjadi NOAA 12209. Gara-gara itu, konsentrasi saya teralihkan untuk melihat perjalanan daerah aktif ini sebagai NOAA 12209. Agak membosankan sih nontonin gambar fotosfer selama kurang lebih dua pekan. Saya sempat terpikir untuk melihat dinamikanya dalam panjang gelombang lain, tapi … “Sudahlah, fokus! Fokus!” Alhasil, saya hanya berhasil menulis artikel satu halaman termasuk empat gambar. Pfffftt!

Leave a Reply

