Eksoplanet yang baru …


… saja saya karang kemarin.

Syahdan, di galaksi Ora-Ono, terdapat dua buah planet bernama Songong dan Songong-b yang mengorbit sebuah bintang katai bernama bintang Ego. Sebenarnya bintang Ego ini tidak hanya dikelilingi oleh planet Songong dan Songong-b, tapi baru dua planet ini saja yang sudah diteliti karakteristiknya. Orbit Songong dan Songong-b saling bersilangan, sehingga kadang-kadang planet Songong berjarak lebih dekat ke bintang Ego dan di waktu lain planet Songong-b berjarak lebih dekat ke bintang Ego.

Yang menarik adalah adanya makhluk hidup menyerupai manusia di kedua planet ini, kita sebut saja alien. Karakteristik alien di planet Songong adalah sebagai berikut:

  • Mereka dibagi menjadi kasta-kasta berdasarkan usia, jenjang pendidikan, jabatan, dan penampilan. Kasta tertinggi adalah alien dengan usia, jenjang pendidikan, dan jabatan tertinggi serta penampilan paling ‘menarik’. Semakin tinggi kastanya, semakin agunglah kedudukan dia sebagai penghuni planet. So, jangan macem-macem ya sama alien nenek-nenek cantik yang sekolahnya udah tinggi banget sampe ke langit dan jabatannya tinggi di sana.
  • Alien dari planet Songong sangat senang menindas manusia di planet Harmoni karena beranggapan bahwa manusia Harmoni berada jauuuuuh di bawah kasta mereka. Alien planet Songong merasa lebih berhak mendapatkan semua yang dimiliki manusia planet Harmoni, bahkan lebih. Jika alien planet Songong mendapati salah satu manusia planet Harmoni memiliki mobil misalnya, alien planet Songong akan mengajukan protes kepada penguasa galaksi Ora-Ono agar mobil tersebut menjadi miliknya atau meminta diberi bis bertingkat (Bandros aja sekalian yeee *terBandung)
  • Di planetnya sendiri pun alien berkasta tinggi senang menindas sesamanya, entah itu dengan alasan usia, jabatan, pendidikan, ataupun penampilan. Bahkan ada alien yang berani menindas sesama alien dengan kasta yang sama. Weleh-weleh.
  • Jangan berani-berani memanggil nama alien langsung jika usianya lebih tua walaupun hanya terpaut satu hari. Panggillah dengan sebutan semacam Abang, Kakak, Mbak, dsb. (dengan bahasa mereka tentunya). Kalau sudah terlanjur, terima nasib saja untuk menerima teguran keras darinya.
  • Di planet Songong juga ada semacam aturan yang kalau di Bumi istilahnya adalah sopan santun. Harus pandai berbasa-basi. Jika kita kurang sopan, alien planet Songong akan merasa tersinggung dan memberikan teguran keras. Padahal mereka sendiri juga sebenarnya kurang punya sopan santun. Well, mungkin beda standarnya, atau standar ganda seperti sepeda motor.
  • Kadang penguasa galaksi Ora-Ono pun tidak berdaya menghadapi alien planet Songong, hampir semua keinginan alien planet Songong akan dipenuhi. Biar cepet aja gitu kali.
  • Ada satu golongan alien planet Songong yang memiliki nafsu makan yang sangat besar dan sangat menyukai segala hal yang GRATIS. Mereka akan menggila jika ada makanan gratis, walaupun makanan itu kurang enak atau hampir kedaluarsa atau berasal dari alien yang kastanya di bawah mereka.

Alien planet Songong-b memiliki karakteristik yang serupa dengan alien planet Songong, tetapi tidak terlalu jelas mengenai kasta karena atmosfer planet ini cukup tebal sehingga sulit untuk dilakukan pengamatan yang lebih teliti. Alien planet Songong-b sangat bangga dengan kemampuannya dalam memahami bahasa asing (bahasa planet lain di galaksi lain) walaupun kalau diperhatikan lagi mereka baru bisa memahami saja, belum mahir dalam berbahasa asing. Perbendaharaan kata yang masih minim dan pengetahuan mengenai tata bahasa yang masih kurang memadai. Baru ngerti sedikit, udah ngerasa jago gitu deh. Alien planet Songong-b juga hobi menghina manusia planet Harmoni jika menurutnya manusia tersebut berada di bawah standarnya.

Kalau dianalogikan dengan yang ada di Bumi, alien planet Songong dan Songong-b ini dikategorikan sebagai makhluk delusional.

BTW, planet Harmoni adalah salah satu planet yang mengorbit bintang Damai di galaksi Dairy Path.

Sekian.

Advertisements

4 thoughts on “Eksoplanet yang baru …

  1. teh, dirimu pasti sayang banget sama eikhe ya sampe bikinin tulisan ini setelah baca curhatan eikhe. Ay lap yu ah, to the moon and back to the moon and back. Aaaand, for the Alien dari planet songong, I hate you, to the moon and back to the moon and back.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s