Membuat beberapa paragraf dalam satu sel Spreadsheet OpenOffice


Tulisan saya ini termotivasi oleh dua hal:

1. Youtube

Bukan Youtube-nya sih, tapi salah satu video yang ada di situ. Kemarin saya menonton salah satu video yang diunggah oleh seorang youtuber yang cukup terkenal. Di video itu dia melakukan riset mengenai hasil pencarian yang diperoleh via internet (Google) jika menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan jika menggunakan bahasa Inggris. Intinya sih dia sangat menyayangkan orang Indonesia yang sok nasionalis nggak mau belajar bahasa Inggris demi melestarikan bahasa Indonesia sehingga berimbas pada hasil pencarian via internet itu. Memang, ketika kita mencari informasi di internet dengan bahasa Inggris, hasilnya pasti luar biasa melimpah. Namun, ketika mencari informasi menggunakan bahasa Indonesia, kadang suka kesal sendiri. Hasilnya tidak terlalu banyak dan kadang hasil yang satu adalah salinan dari situs yang lain. Kopipes plek-plek. Belum lagi kalau hasilnya itu kopipes plek-plek dari Google translate. *istighfar*

Nah, karena video tersebut, saya berpikir, kenapa tidak kita perkaya saja internet dengan informasi-informasi berbahasa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Indonesia yang tidak/belum bisa menggunakan bahasa Inggris? Ya, terlepas dari sok nasionalis ataupun bukan.

2. Pekerjaan

Di kantor, ada satu kegiatan rutin yang salah satu langkahnya adalah mengisi isian dalam dokumen *.xls atau *.xlsx. Bukan masalah yang terlalu rumit jika hanya memasukkan angka atau tulisan yang singkat pada sel-sel spreadsheet itu. Yang membuat saya gemas dan berpikir “Kenapa sih gak pake MS Word aja biar lebih gampang?” adalah ketika isian satu sel berisi beberapa paragraf. Ketika ditekan Enter, kursornya malah pindah ke sel di baris berikutnya. Ctrl+Enter pun ternyata tidak membantu. Shift+Enter pun sama saja. Saya yang kurang bisa mengeksplorasi segala kebisaan Excel sering kesal sendiri ketika dihadapkan pada masalah seperti itu. Ditambah lagi, komputer yang saya gunakan ini tidak terpasang MS Office. Pake bajakan? No, thanks. *sok idealis*

Kesal banget sih kalau nggak tau caranya…

Jadi, gimana dong?

Awalnya saya hanya menyalin sel yang berisi banyak paragraf itu ke sel yang saya inginkan lalu mengeditnya. Kalau kata teman seruangan saya sih itu “cara bodoh”, but it works so far, haha … Di komputer yang saya gunakan sehari-hari di kantor, saya pasang OpenOffice yang fungsinya kurang lebih sama dengan MS Office. Bisa membuat dokumen teks (seperti MS Word), spreadsheet (seperti MS Excel), presentasi (seperti MS PowerPoint), dan sebagainya. Thanks to Google, ternyata masalah paragraf dalam sel spreadsheet dapat diatasi dengan langkah sederhana:

Ctrl+Alt+Enter

Solusi ini saya temukan dengan menggunakan kata kunci pencarian “paragraf excel”. Hasilnya cukup banyak. Hasil pertama yang saya pilih memberikan solusi Alt+Enter, tetapi ternyata tidak berhasil di OpenOffice. Setelah saya coba dengan menekan Ctrl selain Alt+Enter ketika saya ingin menambahkan baris baru pada sel spreadsheet, dan … *jreng* berhasil! Kenapa nggak kepikiran sebelumnya ya? Alhamdulillaah, berkurang satu beban hidup di dunia ini.

Kenapa tadi nyarinya gak pake kata kunci “paragraf openoffice“? Gak tau, refleks aja. Jadi, lain kali gunakanlah kata kunci yang spesifik. Pake OpenOffice tapi kata kunci pencariannya Excel, ya kurang nyambung. Dan ternyata gak rugi-rugi banget lah kalau nyarinya pake bahasa Indonesia. Saya pribadi sih kadang malah jadi lama kalau mau cari pake bahasa Inggris karena nggak langsung dapet padanan kata yang saya cari dalam bahasa Inggris. Sebelumnya pun ketika saya ada kesulitan dalam mengunakan OpenOffice, solusinya dapat saya temukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Saya sih kalau lagi males ya carinya yang berbahasa Indonesia saja, atau cari yang bahasa Inggris lalu kopipes ke Google translate.

Tapi memang, dulu saya pernah merasa gemas melihat mahasiswa yang mencari sumber referensi untuk tugas akhirnya menggunakan bahasa Indonesia. Misalnya mencari referensi dengan kata kunci “kaitan bintik matahari dengan flare”, besar kemungkinan ketemunya makalah orang LAPAN lagi, haha … Coba gunakan kata kunci “solar flare related to sunspot evolution”, dijamin lieur karena saking banyaknya hasil pencarian, hihihi …

Bagi Anda yang punya tips bermanfaat, jangan ragu untuk membaginya di internet dalam bahasa Indonesia. Kalau bisa ya bagikan juga dalam bahasa Inggris supaya tipsnya mendunia, hehe …

Ya sudah, begitu saja. Adios permios.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s